Shooting Training dlm rangka Kunjungan Team COESPU ITALY ke base camp Indonesian FPU

Setelah minggu lalu Team COESPU Italy yang terdiri dari 2 orang yaitu Chief Warrant Officer (CWO) Alberto dan Warrant Officer (WO) Miguel datang mengadakan inspeksi peralatan (senjata, alat riot control, dll), maka minggu ini kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kemampuan menembak bagi anggota FPU Indonesia. Kegiatan menembak dilaksanakan di sebuah area pegunungan yang jauh dari pemukiman penduduk, sehingga dapat mengurangi adanya resiko bahaya terkena peluru nyasar. Area yang telah disetujui oleh Goverment of Sudan (GOS) adalah sebuah wilayah pegunungan batu cadas namun masih ada beberapa dataran pasirnya dan biasanya memang dipakai oleh tentara GOS untuk berlatih menembak. Untungnya, proses perijinan penggunaan daerah latihan menembak ini berjalan lancar, sehingga kami semua yang ikut pelatihan menembak bisa puas memuntahkan peluru walaupun 20 butir per orangnya.

Kami berangkat ke daerah latihan dengan menggunakan mobil mazda pick-up patrol dan dua truk KrAZ serta dua buah APC (Armored Personal Carrier) ViGOR dengan jumlah anggota sekitar 62 peserta dan dilaksanakan dengan konvoi dipimpin oleh FPU Coordinator Team. Jarak yang ditempuh sekitar 20 km, tapi medannya berupa gurun pasir sehingga laju kendaraan juga lumayan ngadatnya. Sampai di daerah latihan sekitar jam 09.30 dan langsung kita pasang sasaran tembak yang telah disiapkan sebelumnya. Tepat pukul 10.00 kegiatan menembak dimulai, dengan diawali oleh 5 orang pertama bersenjata pistol Glock mulai dari jarak 5 m s/d 25 m. Setelah menembak dengan pistol Glock selesai, dilanjutkan dengan menggunakan senjata panjang Styer dengan jarak mulai 15m, 25m dan 50m. Semua peserta hanya diberi kesempatan menembak dengan 20 butir amunisi baik pistol Glock maupun senapan Styernya.
Kegiatan berlangsung sampai jam 14.30, kemudian semua anggota bergotong royong untuk membersihkan daerah latihan dari sampah-sampah bekas latihan baik berupa klongsong maupun dos bekas minuman. Setelah selesai semuanya, WO Miguel selaku wakil dari COESPU Italy menyatakan kepuasannya dengan melihat kemampuan FPU Indonesia dalam menembak. Mereka percaya bahwa memang FPU Indonesia terdiri dari anggota pasukan yang sudah terlatih dan pantas untuk mengemban misi perdamaian seperti di Darfur ini.

Sekian dan terimakasih.....




Salam dari El Fasher Darfur

Garuda 6 out....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Sudan

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Security Certification Program Course 96 Nairobi, Kenya