UNDSS Indonesia Retreat in Anyer Banten

Kegiatan Retreat merupakan agenda tahunan dari setiap UN Agency termasuk UNDSS Indonesia sendiri. Saya termasuk orang yang beruntung, karena baru bergabung selama sebulan setengah, saya ditunjuk untuk ikut Retreat tahun 2010 ini. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan profesionalisme staff UNDSS Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dalam tugas sehari-hari. Adapun hasil yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah untuk:
- meningkatkan semangat kerja tim dan saling memahami antar sesama staff UNDSS-I
- meningkatkan pengetahuan profesionalisme semua peserta
- meningkatkan kualitas diri sendiri dari semua peserta
- meningkatkan kepercayaan dan kemampuan diri sendiri dari semua peserta
- mengenalkan hal-hal tehnis dan non tehnis yang berkaitan dengan UN Security Management
di Indonesia khususnya dan pada umumnya
- menggunakan pengalaman terbaik dalam menjalankan tugasnya.
Kami berangkat dari kantor UNDSS-I di Menara Thamrin Building Jakarta pada tanggal 18 juli 2010 jam 10.00 wib dengan menggunakan bis Blue Bird. Perjalanan ke Anyer dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Jakarta. Sekitar jam 1 siang kami tiba di penginapan Hotel Club Bali Hawaii Resort & Spa Anyer Banten. Sesampai di hotel kami langsung disambut oleh tarian Hula-Hula khas Hawaii yang disajikan oleh Manajemen Hotel. Suasana jadi seperti terasa di Honolulu Hawai, karena semua sajian yang diberikan bernuansa Hawaii, mulai dari Penarinya, Musiknya, Makanan dan Minumannya serta asesoris yang ada di hotel.
Selesai acara sambutan, kami semua segera menuju ke kamar masing-masing untuk persiapan briefing dari CSA Mr. Graeme Membrey. Setelah makan malam seluruh peserta Retreat berkumpul di Meeting Hall untuk menerima arahan dari CSA berkaitan dengan kegiatan retreat yang akan mulai dilaksanakan besok paginya. Sekitar jam 20.00 wib pengarahan selesai, selanjutnya kami semua kembali ke kamar masing-masing.
Esok paginya Senin 19 Juli 2010, acara Retreat dimulai jam 08.30 wib. Jumlah peserta sekitar 18 orang staff UNDSS-I yang meliputi:
- Banda Aceh : 3 orang
- Jakarta : 10 orang
- Makassar : 1 orang
- Bali : 2 orang
- Kupang : 1 orang
- Jayapura : 1 orang
Jadwal kegiatan retreat kali ini cukup padat, mulai jam 08.00 s/d 21.00 wib dan harus diawali dengan physical exercise mulai jam 06.00 s/d 07.00 wib. Rupanya kegiatan olah raga pagi ini ternyata juga menjadikan momok bagi sebagian peserta, karena harus bangun pagi dan latihan fisik. Maklum, CSA UNDSS-I ini adalah mantan Royal Australian Army, jadi soal latihan fisik bukan barang baru lagi buat dia, tapi bagi staff lainnya yang tidak memiliki latar belakang militer pasti merasa berat sekali.
Saya akui, memang skenario latihan kali ini seperti situasi yang nyata, sehingga terkadang kita semua harus peras otak untuk memecahkan masalah, termasuk berkoordinasi dengan local authority di Anyer. Banyak pengetahuan baru yang bisa saya peroleh dalam pelatihan ini, terutama di bidang UN Security Management. Terkadang kita harus sampai tengah malam untuk menyelesaikan tugas yang diberikan pada hari ini dan kemudian esoknya harus dipresentasikan. Tak terasa waktu seminggu berlalu begitu cepat, sehingga kegiatan retreat ini selesai. Di akhir kegiatan kami semua mengadakan makan malam dengan acara barbeque dan esok paginya Sabtu 24 Juli 2010 jam 09.00 wib kami semua meninggalkan hotel untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.
Selamat tinggal Anyer.......sampai jumpa lagi....


Komentar

xoxoxo37 mengatakan…
ijin komandan apabila berkenan agar bisa berbagi pengalaman bagaimana bisa gabung dengan UNDSS indonesia, saya ingin sekali mengikuti jejak komandan bisa bergabung dengan UNDSS indonesia. Regards Dwi Handoko Setyawan. Port au Prince 2016
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Dwi, thanks sudah kunjungi blog saya.....
Untuk bisa gabung UNDSS Indonesia harus ikut melamar lowongan yang ada di UNDSS Indonesia, itupun bila ada lowongan. Untuk saat ini masih belum ada lowongan posisi apapun di UNDSS Indonesia karena terbatasnya jumlah staf di UNDSS Indonesia. Untuk mengetahui posisi apa yang lagi dibutuhkan bisa di cek di website www.undp.or.id/jobs
Terus, gimana critanya kok kamu sekarang bisa gabung di Haiti?

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Sudan

Security Certification Program Course 96 Nairobi, Kenya