Pre Visit to Palangka Raya


Palangka Raya adalah kota pertama yang saya kunjungi diantara kota-kota di pulau Kalimantan. Sebelumnya saya tidak pernah menginjakkan kaki di bumi pulau Kalimantan dan seandainya tidak ada tugas Pre Visit ke Palangka Raya mungkin ya gak bakalan tahu tentang Kalimantan, tahunya hanya lewat TV/Media aja. Aku tiba di Palangka Raya hari Minggu 10 April 2011 dengan menggunakan Garuda GA 550 berangkat dari Jakarta jam 06.20 wib dan mendarat di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sekitar jam 08.30 wib. Begitu tiba di bandara Tjilik Riwut aku langsung dijemput oleh rekan dari Polda Kalteng Mas Triyo, dia adalah Perwira Penghubung Protokol Polda Kalteng. Setelah itu aku dibawa ke Mess Polda Kalteng yang berada di sebelah kanannya dari Mapolda Kalteng di jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Jadi, selama ada tugas di Palangka Raya aku menginap di mess Polda Kalteng ini, lumayanlah, murah dan cukup layak untuk dipakai nginap. Selesai menaruh barang, aku melanjutkan perjalananku untuk menemui rekan dari UNDP dan REDD+ di hotel Luwansa Palangka Raya. Tugasku sebenarnya mengadakan security assessment dalam rangka kunjungan Ms. Helen Clark, Administrator UNDP ke Palangka Raya pada tanggal 27 April 2011 nanti. Beberapa tempat yang akan dikunjungi antara lain: Kantor Gubernur Kalteng dan Istana Isen Mulang, Pulau Kaja, tempat dimana orangutan dilestarikan sesuai habitatnya, desa Bukit Rawi di Kahayan Tengah tempat dimana banyak lahan gambut yang terbengkelai akibat kegagalan proyek sejuta hektar lahan gambut di era Soeharto dulu.



Aku juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke BOS Nyaru Menteng, sekolah khusus untuk orangutan yang dipersiapkan agar para orangutan ini bisa hidup kembali ke habitat aslinya. BOS (Borneo Orangutans Survival) Foundation adalah sebuah LSM yang bergerak di bidang pelestarian spesies Orangutan Kalimantan yang saat ini hampir punah akibat pembalakan liar. Setelah seharian penuh keliling ke berbagai tempat, akhirnya sore harinya keluar bersama kawan satu angkatan waktu Secapa dulu yaitu Mas Indras Purwoko dan kang Bakri. Mereka berdua adalah anggota Polda Kalteng dan secara kebetulan kang Bakri ini jadi Kapolsek dimana Ms. Helen Clark nanti akan berkunjung ke Pulau Kaja lewat dermaga sungai Rungan di Tangkiling. Acara makan petang dilaksanakan di rumah makan Kampung Lauk. Kami bertiga sepakat makan di tempat ini karena tempatnya enak dan pemandangan sungai Kahayan cukup indah sekali. Setelah itu kita bertiga sempat putar-putar keliling kota Palangka Raya yang ternyata tidak sebesar Jakarta dan dalam waktu sekitar 45 menit sudah bisa dikelilingi semuanya. Karena waktu udah malam, akhirnya aku minta diantar pulang ke penginapan di mess Polda Kalteng.

Esok harinya kegiatanku adalah melakukan security survey untuk Kantor Gubernur Kalteng, Istana Isen Mulang dan desa Bukit Rawi di Kahayan Di Istana Isen Mulang aku sempat di temui oleh Protokol Istana dan ambil foto kenangan. Di Bukit Rawi aku juga sempat berkunjung ke Polsek Kahayan Tengah dimana lokasinya cukup terpencil dan sepi sekali. Sebelum aku berangkat survey, aku harus bertemu dengan beberapa Pejabat Polda berkaitan dengan rencana kunjungan ini nanti. Semua koordinasi dengan para Pejabat Daerah Kalteng baik dengan Polda maupun Pemda TK I Propinsi Kalteng berjalan cukup baik dan lancar.

Esok harinya, Selasa 12 April 2011 sekitar jam 08.30 wib aku kembali ke Jakarta dengan penerbangan Garuda GA 551 dan akhirnya tiba di Soekarno Hatta sekitar 10.00 wib. Begitu tiba di Jakarta langsung masuk kantor UNDSS untuk melanjutkan pembuatan laporan hasil security survey selama 2 hari di Palangka Raya.








Komentar

Uways mengatakan…
Bagaimana ndan caranya bergabung dengan UN???
hsoegiharto70 mengatakan…
Anda bisa baca tulisan saya tentang Suka Duka seorang UN Peace Keeper......
Ok, silakan baca ya......
MUDHAFFAR mengatakan…
Bravo pak...
sukses selalu...
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Mudhaffar,

Trimakasih dan sukses selalu untuk anda juga....

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Sudan

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Security Certification Program Course 96 Nairobi, Kenya