my best friend is a spanish Jose Ramon

Jose Ramon adalah salah seorang Police Monitor dari kesatuan Guardia Spanyol yang bertugas di UNMIBH (United Nations Mission in Bosnia Hercegovina) dari tahun 2001-2002. Saya pertama kali kenal dia ketika dia menjemput saya di hotel setelah selesai induction training untuk para Police Monitor yang baru tiba di missi UNMIBH. Setelah selesai induction traning, kami ber-10 (Kompol Adi Cahyo, Kompol Suhendro, Kompol Johni Asadoma, AKP Rizal Agus Ariadi, AKP Suyoko Junaedi, AKP Pujo Sulistyo , AKP Harun Sohar, Bripka Suharno, Brigadir Elsa Libra Tarigan dan saya sendiri Brigadir Hidajat Soegiharto) ditempatkan tersebar di seluruh wilayah Bosnia baik di wilayah Federasi BiH maupun wilayah Republik Srpska. Kebetulan saya dan Kompol Adi Cahyo ditempatkan di Sarajevo West station yang berada di dekat Sarajevo International Airport (sekitar 1 km) dan waktu itulah Jose Ramon ditugaskan oleh Station Commander IPTF Sarajevo West untuk menjemput kami di hotel dan dibawa ke kantor IPTF Sarajevo West.
Saat menjemput kami di hotel dia memperkenalkan diri sebagai Jose Ramon dari Spanyol dan dengan cekatan(ringan tangan) dia langsung mengangkat koper kami berdua untuk diletakkan di dalam mobil. Saya sempat bilang, "no...no...my friend, I will do it by my self", tapi dia dengan tegas mengatakan "it's my job to pick you up and care about your luggage". Wow.....dalam hati saya "kok ada ya bule yang ringan tangan? mau dengan ikhlas bantu angkat koper kami berdua...." Ternyata memang itulah sikap profesional seorang Police Monitor yang ada di mission area, bila mendapat perintah dari Station Commander untuk menjemput dan mencarikan akomodasi maka dia akan bertanggung jawab sepenuhnya sampai betul-betul tugasnya selesai. Setibanya di kantor IPTF Sarajevo West, kami berdua langsung diterima oleh Station Commander Peter Capostoto di ruangannya dan selanjutnya dia memerintahkan Jose Rasmon untuk mencarikan rumah kontrakan bagi kami berdua. Akhirnya kami mendapat rumah di dekat kantor sekitar 800m jalan kaki dengan alamat Kasindolsca 6 Ilidza Sarajevo. Sampai disinilah tugas Jose Ramon selesai, namun sikapnya yang ramah dan kooperatif dengan kawan selalu dia tunjukkan.
Selama tugas bersama di mission area, saya selalu akrab berteman dengan Jose Ramon karena kami satu team yaitu Duty Officer Team. Setelah cukup lama berkumpul dalam satu team, akhirnya dia memutuskan mencari posisi lain yaitu di STOP Team, yang tugasnya menangani masalah perdagangan wanita dan anak-anak. Pernah suatu ketika pacarnya datang ke Sarajevo dan kemudian diperkenalkan ke saya. Akhrinya dia dan pacarnya main ke rumah kontrakan saya dan kemudian saya buatkan makan malam yaitu nasi goreng plus telur dadar. Bagi orang bule seperti mereka nasi goreng buatan saya rasanya enak sekali katanya, karena memang sebelumnya mereka tidak pernah makan nasi goreng. Setelah selesai misi di Bosnia tahun 2002 saya masih sering kontak dengan Jose Ramon by email dan dia selalu menginformasikan tentang perkembangan tugas dia di negaranya Spanyol sana.
Terakhir, sebelum saya berangkat ke Darfur Sudan, Jose Ramon mengirimkan email dari UNIFIL di Lebanon. Wow, ternyata dia sudah melalang buana lagi jauh melebihi saya. Untuk meyakinkan saya, dia sempat kirim foto-foto tentang kegiatan dia di UNIFIL dan bahkan ada juga foto dia dengan INDOBAT yang lagi tugas di Lebanon sana. Rupanya dia sangat bangga sekali bisa foto bersama rekan-rekan dari TNI INDOBAT yang sedang bertugas di UNIFIL bersama dia. Seminggu sebelum saya ke Darfur, dia mengabarkan bahwa dia senang sekali karena akan menyelesaikan misinya di UNIFIL selama 6 (enam) bulan. Tadi siang Jose Ramon sempat chatting dengan saya dan dia juga sempat kirim fotonya saat menghadiri acara hari ulang tahun negera Spanyol. Yes Jose, you are my best friend that always keeps in touch with me eventhough we never met each other again directly. Hopefully we can meet again on the same mission somewhere......

kindly say my regards to your family in Spain....


Wish u luck always Jose.....



Best regards

Hidajat Soegiharto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Sudan

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Security Certification Program Course 96 Nairobi, Kenya