Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sekolah Bahasa (Sebasa) Polri telah dibuka sejak Senin 18 Januari 2010 lalu dengan Irup Ka Sebasa Polri sendiri Kombes Pol. Drs. Moh. Safe'i, S.H. Acara ini hanya dihadiri oleh staf Sebasa Polri dan seluruh calon siswa dari empat kelas bahasa : Inggris, Perancis, Mandarin dan Arab serta instruktur bahasa Mandarin non organik dan Native Speaker Bahasa Inggris (Ms. Maura Phelan). Dari rencana program yang diajukan sejumlah 30 siswa per kelas bahasa, ternyata sampai hari pembukaan pendidikan berlangsung hanya dihadiri oleh sekitar 42.5 % ( 51 orang siswa) terdiri dari : Bahasa Inggris 13 orang, Bahasa Perancis 12 orang, Bahasa Mandarin 13 Arab dan Bahasa Arab 13 orang.
Hal ini disebabkan oleh terlambatnya TR pendaftaran peserta sehingga banyak yang tidak mengetahuinya. Bayangkan aja, rencana pembukaan pendidikan tanggal 18 Januari 2010, tapi ternyata bagian seleksi pendidikan SDM Polri baru mengeluarkan TR pendaftaran pada tanggal 15 Januari 2010. Akibatnya sudah bisa diduga, akhirnya kuota 30 siswa per kelas bahasa pasti tidak bisa terpenuhi saat pembukaan pendidikan nanti tanggal 18 Januari 2010. Dan ternyata betul, dari kuota 120 siswa yang diharapkan hadir, hanya 51 orang (42.5%) yang datang. Hal ini sebetulnya sangat disayangkan, karena bukan hanya kali ini saja pembukaan pendidikan hanya dihadiri oleh kurang dari 50% peserta. Di awal 2007 lalu juga demikian, sehingga Sebasa terpaksa meminta penundaan pendidikan sampai sekitar 2 minggu berikutnya agar pesertanya bisa memenuhi jumlah kuota yang diprogramkan.
Nampaknya, pendidikan spesialis bahasa asing ini kurang diminati oleh sebagian anggota Polri, karena mungkin bahasa asing dianggap momok yang harus dihindari dan dijauhi. Sungguh sangat ironis sekali bila dibandingkan dengan minat anggota Polri untuk mengikuti pendidikan kejuruan Lalu Lintas/Reserse/Intelijen atau yang lainnya. "Padahal di era globalisasi ini, yang dinamakan buta huruf itu bukannya tidak bisa baca tulis, tapi tidak bisa berbahasa asing dan tidak bisa mengoperasionalkan komputer itulah yang dinamakan buta huruf", demikian kata sambutan dari Ka Sebasa Polri selaku Irup dalam amanatnya.
Sebenarnya mengikuti pendidikan bahasa asing di Sekolah Bahasa Polri ini sangat nyaman sekali. Di Sebasa terdapat fasilitas pendidikan yang terdiri : kelas dilengkapi audio visual (TV, LCD Projector, Komputer, CCTV), ruangan ber-AC, laboratorium bahasa yang canggih dan nyaman, barak yang cukup nyaman serta fasilitas lainnya. Disamping itu, dengan belajar di Sekolah Bahasa Polri, maka akan mendapat tambahan ilmu berharga karena mendapat kesempatan untuk belajar kepada para Native Speaker dari masing-masing bahasa asing. Tetapi nampaknya ini semua kurang bisa menarik minat bagi anggota Polri sendiri untuk mengembangkan kemampuannya berbahasa asing. Padahal untuk bisa mengikuti pendidikan atau penugasan ke luar negeri maka harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang di atas rata-rata. Masih banyak penugasan-penugasan ke luar negeri yang menunggu kehadiran Polri antara lain: misi perdamaian PBB, menjadi SLO/LO Polri, Tugas Belajar di COESPU Italy dan lain-lain termasuk beasiswa belajar ke luar negeri. Sebasa Polripun telah banyak menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di China, Amerika, CCF (Centre Culturel Français), ICITAP, AFP, UNIC, dll. Semua itu adalah untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar yang ada di Sebasa Polri. Alangkah sayangnya bila peluang besar ini tidak bisa diraih oleh Polri secara maksimal hanya karena SDM yang dimiliki Polri sangat terbatas.

Komentar

Anonim mengatakan…
abang...
itu alamat sebasa polri dimna yah? tolong Infonya dunk..
termasuk jalan/rute kalo tiba di soekarno hatta tujuan sebasa polri..
kita dari papua...
hsoegiharto70 mengatakan…
Sebasa Polri di Jl. Cipinang Baru Raya 25 Jakarta Timur, kalo dari bandara Sukarno-Hatta naik bis damri jurusan Rawamangun, dari terminal Rawamangun naik taxi/bajaj ke sebasa, sudah dekat sekitar 1 km.
Anonim mengatakan…
Sy anggota polri yg minim pengalaman/pengetahuan bhs asing, tp minat sy untuk bisa bljr cukup tinggi, bagaimana caranya agar sy bs sekolah disebasa
irhamdy mengatakan…
ijin komandan..sy udah ajukan permohonan untuk menambah pengetahuan bhs inggris disebasa..moga2 bisa diACC..walaupun sy masih minim dalam bhs inggris tp sy punya minat yg besar komandan..mohon doanya.(irhamdy dipolda sulteng )
uways mengatakan…
kemarin dapat tawaran dikjur bahasa mandarin ke sebasa. saya meng-iyakan, semoga TR nya segera turun..ahahaayyy
Emil Salim mengatakan…
Izin Komandan, Sya sudah Mendaftarkan di Polda ...
Kira2 Kapan keluar TR nya tuk Gel.III Ndan...????
Klu Sudah bisa di Email ndan...???
Terima Kasih Ndan....
hsoegiharto70 mengatakan…
Untuk Oaseblog,
Caranya dgn mendaftarkan diri ke SDM Polda masing2 kalo pas ada pendaftaran dikbang spesialis bahasa, nanti kalo udah terdaftar baru akan dipanggil oleh Mabes utk ikut dikjurnya....

Untuk Irhamdy,
InsyaAlloh, semoga niatnya terkabul utk belajar bahasa asing, mumpung gratis dan dijamin dpt makan, dpt snack dsb.....

Untuk Uways,
InsyaAlloh, semoga terkabul do'anya

Untuk shaliem ADB,
Prodik Gel. III biasanya mulai pertengahan bulan Agustus 2011 s/d pertengahan Nov 2011. Untuk TRnya yg keluarkan Lekdik SDM Mabes Polri, jadi sebasa tidak tahu kapan dikeluarkan, tp insyaAlloh nanti kalo ada TRnya akan saya informasikan.
Emil Salim mengatakan…
Terima Kasih NDan...
Semoga Allah memberikan kesempatan tuk ikut serta dalam pendidikan sebasa POlri ...
Amin....!!!
Anonim mengatakan…
untuk mengikutinya apa ada kwlifikasi khusus 'Ndan..... mohon ijin
irhamdy mengatakan…
alhamdulillah berkat doa komandan akhirnya sy bisa masuk sebasa english intermediate class dan udh selesai pendidikan bulan september kemarin..ternyata benar kata komandan snacknya banyak 3x sehari..^_^ kira-kira tahun depan ada lagi nga lanjutannya kmndn..masih niat nimbah ilmu..pengen kyk kmndn bisa penugasan luar negri..(irhamdy polda sulteng)
hsoegiharto70 mengatakan…
Alhamdulillah akhirnya terwujud juga keinginannya. Semoga ilmu yang sudah didapat bisa diamalkan dan menjadi amal jariyah yang akan mengalir terus sampai kiamat nanti.....
Anonim mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan…
Asslmualkum,
Ijin Ndan,,
Mohon perkenalkan sy dwi di solo Ndan.
Sy berminat utk menimba ilmu bhs asing di Sebasa polri, kbetulan utk saat ini ada pembukaan brigadir bhs mandarin dan skrang tigal menunggu TR panggian dari mabes.
Yg ingin sy tanyakan adalah,,utk kegiatan belajar mengajar (KBM) itu menggunakan PDH Polri atau baju biasa Ndan..kok yg di foto2 itu kbyakan pada pakai baju biasa.
Mohon ijin Ndan,,trmkasih sblumnya Ndan..
Wasslam...
hsoegiharto70 mengatakan…
Saya sebenarnya sudah pindah dari Sebasa Polri sejak Feb 2011 lalu, tapi masih sering komunikasi dengan Sebasa juga, jadi saya infokan bahwa untuk kegiatan belajar di kelas menggunakan pakaian bebas rapi berdasi, PDH hanya dipake saat upacara buka/tutp dik saja, semoga ilmu yang dipelajari bermanfaat di kemudian hari sbg amal jariyah.....
Anonim mengatakan…
Siapppp Komandan,,
Trmkasih ats informasinya.
Smg Polri semakin maju dan semakin jaya...
Anonim mengatakan…
Sebelumnya sy ucapkan trmkasih atas jawaban Komandan.
Mhon ijin sekali lagi Ndan,,saya dwi dr solo.
ingin bertanya tentang ketentuan bagi siswa sebasa pada waktu buka dik utk mengikuti dik di sebasa,,
Ketika datang pertama kali memasuki kesatrian sebasa apakah harus menggunakan PDH Polri atau diperbolehkan menggunakan pakaian bebas rapi sperti ketentuan pd waktu KBM Ndan..
Trmkasih.
Smg kita slalu dlm ridho dan lindungan Allah SWT,amin..
Unknown mengatakan…
Sy mau tanya komandan, tk sebasabisa di ikuti siapa saja, khusus anggota atau ygainnya....
hsoegiharto70 mengatakan…
Dikbang spesialis di Sekolah Bahasa Polri (SEBASA POLRI) hanya diperuntukkan bagi anggota Polri dan PNS Polri yang ingin belajar bahasa asing (Inggris, Mandarin, Perancis, Arab, Jepang).
Unknown mengatakan…
Mohon ijin komandan....
Kpan dibukanya dik untuk tahun 2014
Unknown mengatakan…
Ijin komandan...
Ijin tanya untuk dik sebasa th 2014 kapan???
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Adhim,
Untuk Prodik 2014 sudah dimulai sejak pertengahan January 2014 kemarin. Biasanya TR buka dik itu sekitar bln Des dan bisa ditanyakan di SDM Polda masing-masing. Selamat mencoba dan terus semangat untuk belajar.....
Anonim mengatakan…
askum...
ijin ndan perkenalkan sy edho ndan tugas di perbatasan indonesia malaysia pasnya di res nunukan... kami di sini sebenarnya banyak yang berminat ikut dik sebasa biar kemampuan bahasa kami tdk kalah dengan kemampuan bahasa di negara tetangga..tp sayang ndan TR pembetahuan pendaftaran selalu nyangkut di POLda tdk sampe di tempat kami ndan... dan itupun kami tau klu ada senior kami yg dipolda lg update status FB sedang melakasanakan dik di sebasa.. ndan semoga kami yang di wilayah dapat kesempatan yg sama dengan yg di polda...trims ndan ( just ngeluh ndan nasib tugas diwilayah ..)
hsoegiharto70 mengatakan…
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentarnya yang sudah dikirim ke blog saya. Saya sangat berharap semoga Edho tetap semangat menjalankan tugas negera walaupun di wilayah terpencil di perbatasan Indo-Malay. Untuk lebih mudah memperoleh info tentang Sebasa Polri silakan kunjungi FB Sebasa Polri dan silakan tanya sebanyak-banyaknya kepada para gadik di sana. Saya sekarang sudah tidak dinas di Sebasa Polri, tapi masih di lingkungan Jakarta juga. Kalau ada prodik baru 2015 silakan selalu dimonitor lewat SDM Polda/Polres masing-masing dan juga lewat FB Sebasa Polri. Untuk sementara, silakan belajar mandiri untuk menguasai bahasa asing lewat internet saja sambil nunggu prodik baru Sebasa Polri 2015. Semoga sukses selalu dan tetap semangat serta bersabar.
Unknown mengatakan…
kalo mau masuk ke sini apa harus anggota polisi ?
kalau dari univ lain , tetapi niat untuk belajar bahasa asing di sini bisa gak ?
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Windy,
Thanks sudah mampir untuk menengok blog saya. Sekolah Bahasa Polri hanya digunakan untuk mendidik anggota Polri dan PNS Polri yang ingin belajar bahasa asing. Jadi tidak bisa menerima siswa umum selain anggota Polri dan PNS Polri, karena ini berkaitan dengan anggaran program pendidikan di lingkungan Polri. Demikian penjelasan saya dan semoga berkenan.

Regards

Hidajat
Anonim mengatakan…
ijin Ndan utk seleksi FPU dan PA apakah masih di sebasa? trims banyak Ndan atas jwbnya
hsoegiharto70 mengatakan…
Utk seleksi FPU dan PA biasanya diselenggarakan di Sebasa Polri utk test Bahasa Inggris dan Psikotest. Tapi bisa juga dilaksanakan di luar Sebasa Polri krn alasan tertentu, misalnya krn faktor tempat yg tdk memadai akhirnya dualihkan ke tempat lain.
Unknown mengatakan…
selamat malam Komandan, mohon ijin untuk info Prodik Dikbangspes Bahasa di sebasa Polri tahun 2015. kira2 untuk Bintara dilaksanakan pada bln berapa Ndan ? Rencana tahun depan saya pengen ikutan Dikbangspes Bahasa. Terimakasih sebelumnya Ndan..
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Fauzal,
InsyaAlloh utk prodik 2015 KIBI Bintara dimulai sktr bln Mei 2015. Utk info lbh lanjut bisa dicek ke Ro SDM Polda masing2 ya....
Unknown mengatakan…
Saya beberapa kali daftar dri polres jayapura kota polda papua tapi tdk pernah ada kesempatan untuk ikut program ini..padahal saya sangat berminat program kejuruan bahasa asing tersebut....
Unknown mengatakan…
Bagaimana cara mendaftarnya komandan sya tertarik sekali
hsoegiharto70 mengatakan…
@Brata Prasetya:
Kewenangan utk ikut dikbangspes bhs asing ada di tangan kasatker msg2. Kalo sdh daftar ke ro SDM Polda melalui SDM Polres masing2 ya tinggal tunggu panggilan dari Mabes Polri. Mslhnya jumlah peserta dibatasi hanya 30/kls. Harap bersabar dan byk berdo'a aja. Mudah2an sgra dipanggil.
hsoegiharto70 mengatakan…
@Bagus,
Pendaftaran melalui Ro SDM Polda msg2 saat ada TR permintaan dikbangspes bhs. Silakan cek ke SDM Polres/Polda masing2 ya... Selamat mencoba dan semoga berhasil
S HARTATI mengatakan…
I MISS SEBASA, I WAS ONCE THE FIRST TEACHER THERE, MY FIRST HOME BASE... HELLO MR. GULTOM, MR. SIHOMBING, MR. ARIEF, MRS. ROOSIANA, ALL THE STAFF, WHERE ARE YOU, I LOVE YOU ALL N ALL MY JUNIOR ENGLISH TEACHERS IN SEBASA
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Ms. Hartati.
Thanks a lot for visiting my blog here. All staff that you have mentioned above have been redeployed to other units and some of them could have been retired. I am also a former English teacher in Sebasa Polri from Dec 2005 to Feb 2011, and I have moved to Polda Jatim to date. However, I am currently seconded as Local Security Assistant at UNDSS Indonesia in Jakarta. It is nice to know you....
ilyas ajo NnZz mengatakan…
sy dari polda jambi. kmaren sdh mgusulkan nama sy di SDM utk ikut dikjur bhasa mndarin slama 3 bln, utk bulan september akan datang. mohon doa nya agar niat tujuan sy mnimba ilmu terlaksana. Amiin.
hsoegiharto70 mengatakan…
Hi Ilyas,
Terima kasih sudah mengunjungi blog saya ini. Saya do'akan semoga bisa ikut dikjur bahasa Mandarin dan semoga ilmunya bermanfaat untuk mendukung kelancaran tugas anda kelak.
Desy Diana mengatakan…
IZIN KOMANDAN, SAYA DESY ASAL POLDA RIAU
SAYA ANGKATAN 2016, DAN MEMPUNYAI TEKAD UNTUK MENJADI SALAH SATU SISWI DI SEBASA POLRI. MOHON PETUNJUK NDAN, UNTUK KAPAN DIBUKANYA PRODIK SEBASA 2016 DAN PERSYARATAN NYA NDAN. SIAP TERIMA KASIH NDAN
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Desy,
Terima kasih sudah mampir di blog saya ini. Untuk info prodik 2016 sudah berjalan sejak Jan 2016 lalu. Saran saya, Desy selalu monitor info di Ro SDM Polda/Polres untuk Prodik Bang Spesial Bahasa 2017 nanti yang diselenggarakan di Sekolah Bahasa Polri. Selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai yang diinginkan....
Unknown mengatakan…
Kalau di brimob sendiri susah ndan.informasi jarang smpai ke anggota .pimpinan juga susah utk mengijinkan anggota ny ikut platihan di luar kemampuan brimob
Unknown mengatakan…
Ijin komandan saya dari kaltim ijin mau tanya untuk mengikuti dik sebasa apa melalui tes dan unt th 2017 ini kapan mulai ada pendaftarannya
Unknown mengatakan…
Ijin komandan saya dari kaltim ijin mau tanya untuk mengikuti dik sebasa apa melalui tes dan unt th 2017 ini kapan mulai ada pendaftarannya
Unknown mengatakan…
Mohon ijin komandan saya Brigadir Johan dari Polda Jatim di Polres Sumenep

Sy mau tanya apa bedanya dikjur sama dikbang ndan?

Lama pendidikan dikbangpes bahasa berapa bulan ndan? apakah tahun 2017 ini skrang dibuka?
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Johan,

Dikjur = Pendidikan Kejuruan, Dikbang = Pendidikan Pengembangan. Dua-duanya sama saja, hanya sebutannya saja yang sekarang menjadi Dikbang. Untuk Bahasa sebutannya Dikbangspes = Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa, karena memang pendidikan ini khusus utk meguasai Bahasa Asing (Inggris, Arab, Perancis, Mandarin, dll). Utk tahun ini 2017, biasanya akhir bulan Jan sudah dimulai untuk gelombang I, informasi lebih lanjut bisa diperoleh di SDM Polda/Polres masing-masing.
andi sadarudin mengatakan…
waktu SMA dulu sy jurusan bahasa, disekolah dulu kami mempelajari bahasa inggris, jepang (日本語), jerman (deutsch)dan sastra indonesia, sekarang sy sdh menjadi anggota POLRI, sy pengen mengembangkan ilmu bhs jepang saya... apa bisa?, kalau bisa bgmn caranya. terimakasih cp acho_deplat@yahoo.co.jp mm
Anonim mengatakan…
sy memiliki pengetahuan dasar mengenai bahasa jepang, dapatkah saya mengembangkan ilmu tersebut di kepolisian? jika iya, bagaimana caranya? dan jika tidak, mengapa demikian? thx
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Anonim,
Bila anda punya background Bahasa Jepang (S-1 Sastra Jepang) misalnya, anda juga bisa mendaftarkan diri menjadi anggota Polri lewat Pendidikan Perwira Polri dari Sumber Sarjana (PPSS) yang setiap tahunnya dibuka. Di Sekolah Bahasa Polri juga merekrut tenaga pengajar Bahasa Jepang yang diambil dari luar (non organik Polri) dan juga anggota Polri sendiri yg punya background pendidikan guru/sastra Jepang. Kalau anda tertarik untuk mencari pengalaman mengajar bahasa Jepang, anda bisa juga mengajukan lamaran kepada Sekolah Bahasa Polri untuk menjadi tenaga pendidik (Gadik) Bahasa Jepang, namun jumlahnya juga terbatas, dalam arti lowongan tersebut sangat terbatas jumlahnya.
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Andi sadarudin,
Yes, anda bisa mengembangkan diri untuk belajar bahasa Jepang di Sekolah Bahasa Polri. Caranya, daftarkan diri anda saat ada TR penerimaan siswa Dikbangspes Bahasa Jepang di Sekolah Bahasa Polri melalui Ro SDM Polda/Polres masing-masing.
Andi Sadarudin mengatakan…
siap komadan. terimakasih komandan, sedang dicoba dan semoga saya bisa amin. ^^
Andi Sadarudin mengatakan…
Siap komandan, terimakasih komandan, semoga saya bisa komandan AMIN
Andi Sadarudin mengatakan…
Siap Komandan, Terimakasih Komandan, dicoba dan semoga diterima ^^
Unknown mengatakan…
Mohon ijin komandan, sy Made dari polda NTB, mohon arahan komandan, sy dpt TR utk mengikuti dikbangpers di sebasa selama 3 bulan, dari akhir bln mei-agust 2017, apa saja yg harus sy persiapkan dan yg dibutuhkan utk mengikuti pendidikan tsb, mohon jukrahnya.
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Made,
Selamat atas kesempatan yang telah diperoleh utk belajar di Sebasa Polri. Yang jelas utk Kaporlap, anda perlu bawa seragam PDH lengkap dgn petnya, terus pakaian bebas rapi lengan panjang berdasi utk giat belajar di kelas setiap harinya. Jangan lupa bawa kamus sesuai bahasa yang dipelajari biar lebih gampang ngerti.....
Gunakan waktumu di Sebasa sebaik mungkin utk bisa meningkatkan skill bahasa Asingnya nanti.
Anonim mengatakan…
Mohon ijin komandan, saya mau bertanya apakah jika telah mengikuti program sebasa ini, apakah bisa langsung mendapat penugasan ke luar negri?
hsoegiharto70 mengatakan…
Pendidikan pengembangan spesialis bahasa asing itu hanya untuk bekal awal anggota Polri dalam menguasai bahasa tsb. Jd tdk otomatis langsung mendptkan penugasan ke luar negeri. Bila ingin ikut penugasan ke luar negeri ya hrs ikut test lagi yg diselenggarakan oleh Ro Binkar Mabes Polri Bagian Penugasan Khusus. Kalo lulus test baru diikutkan test level international lewat PBB. Setelah dinyatakan lulus test oleh PBB baru bisa berangkat tugas ke luar negeri tergabung dlm Peace Keeping Operations.
Delisna Harahap, SPd mengatakan…
Ass.ww. Mohon ijin komandan, saya Brigadir Amun K. Siregar, SH dari Polres P. Sidempuan - Polda Sumut Komandan, minggu kmaren ada TR untuk mengikuti dikbangspes Sebasa Polri, jadi saya sudah mendaftar MELALUISDM Polres, mudah2an saya di panggil Komandan, Karena sy tertarik jg utk penugasan PBB ke Sudan. Trims. Komandan
Delisna Harahap, SPd mengatakan…
Ass.ww. Mohon ijin Komandan,saya Brigadir Amun K. Siregar, SH, dr Polres P.Sidempuan Polda Sumut, saya telah daftar untuk ikut Dikbangspes Sebasa yg TRnya keluar minggu kemaren komandan, dan sekarang menunggu apakah.ikut dipanggilkomandan, saya dulu sekolah Smp nya Pesantren dan lanjut ke Man komandan, jd sy tertarik utk ikut mengemabngkan kemampuan bahasa baik inggris maupun Arab komandan, dan sy jg tertarik utk ikut menjadi Pasukan Garuda misi PBB ke Sudan komandan. Trims.
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Brigadir Amun,
Saya do'akan semoga bisa dipanggil ikut pendidikan pengembangan spesialias bahasa di Sekolah Bahasa Polri.
Abd hamid mengatakan…
Assalamualaikum,,,ijin kmndn bertanya,kelengkapan apa sj yg perlu dibawa klo dikbang bahasa arab?
Terima kasih...
hsoegiharto70 mengatakan…
Wa'alaikumussalam yaa Abdul Hamid,
Untuk pendidikan bangspes Bahasa Arab, perlengkapan yg perlu dibawa sesuai TR yang ada, antara lain:
PDH lengkap petnya.
Pakaian bebas rapi berdasi lengan panjang
Pakaian olah raga + sepatu Olahraga + sepatu bola kalau hobi main bola
Kamus Bahasa Arab Indonesia
Pakaian pribadi (kaos, celana, dll)
Semoga sukses dan berhasil kursusnya....
A.A. Amandita mengatakan…
Selamat siang komandan, mohon izin petunjuk komandan, untuk mulai pendidikannya ada berapa gelombang? dan dimulainya pada bulan apa tiap gelombangnya? saya ingin agar setelah lulus pendidikan bisa segera melanjutkan pendidikan di luar negeri.
Terima kasih komandan
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear A.A. Amandita,

Prodik Bangspes Bahasa Asing diselenggarakan dalam tiga gelombang setiap tahunnya. Biasanya dimulai bulan Jan - April - Agustus.
Untuk lebih jelasnya, silakan dicek ke Biro SDM masing-masing Polda/Polres.
Unknown mengatakan…
Mohon ijin bertanya komandan, kapan untuk pendaftarabn dikbangpes sebasa Polri thn 2018? Mohon petunjuk komandan
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Astri Gusti,
Utk prodik 2018 semestinya sdh berjalan sejak awal tahun 2018. Selanjutnya silakan monitor prodik berikutnya lewat SDM Polda/Polres masing-masing. Krn utk daftar hrs lewat Kasatker.
Unknown mengatakan…
Mohon izin bertanya Komandan. Apakah ada kesempatan bagi anggota masyarakat umum untuk mengisi formasi sebagai Ga Dik (Tenaga Pendidika) atau GaPendDik (Tenaga Pembantu Pendidik) di Sebasa Polri. ...Mohon Izin Arahan.....Terima kasih Komandan
Unknown mengatakan…
mohon ijin komandan untuk anggota yg berminat belajar di sebasa dan bkeinginan sekali mperdalam bahasa inggris di sebasa polri tetapi tidak memungkinkan untuk mengikutinya karena tdk sesuai TR mabes dg kriteria yg bisa jur di sebasa..dperuntukan khusus dr brimob dan spri unt tahun ini..
mgk untuk anggota lain slain fungsi tsb yang bkeinginan bgabung unt bisa mngikuti kjuruan/belajar di sebasa polri bagaimana komandan?mhn ijin komandan pjelasan dan pcerahannya?
hsoegiharto70 mengatakan…
Utk dikbangspes bahasa inggris memang disesuaikan dg kebutuhan dinas. Kalo memang blm sesuai syaratnya bisa tunggu prodik tahun berikutnya yg syaratnya diperuntukkan selain Brimob dan Spri. Saran saya bisa belajar mandiri.dulu dg ikut kursus bhs inggris di luar sambil nunggu kesempatan ikut pendidikan di Sebasa Polri.
Joni mengatakan…
Mohon Ijin Komandan, saya siswa Sebasa 2007 namun Ijazah hilang, dan akan saya ajukan permohonan penerbitan kembali. apakah kantor Sebasa ada yang bisa dihubungi. ???
hsoegiharto70 mengatakan…
Dear Joni,
Untuk kontak ke Sebasa Polri bisa hubungi salah satu staff yg saya kenal Ms. Iis di nomor 0816 1334 802.
hsoegiharto70 mengatakan…
Utk gadik dari luar sering juga digunakan terutama dr UNJ Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Jepang, Perancis, Arab. Biasanya disesuaikan kebutuhan, kalo dirasa cukup, biasanya tdk perlu datangkan gadik non organik sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Sudan

Security Certification Program Course 96 Nairobi, Kenya