Rabu, 20 Januari 2010

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Polri 2010 Gel. I

Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sekolah Bahasa (Sebasa) Polri telah dibuka sejak Senin 18 Januari 2010 lalu dengan Irup Ka Sebasa Polri sendiri Kombes Pol. Drs. Moh. Safe'i, S.H. Acara ini hanya dihadiri oleh staf Sebasa Polri dan seluruh calon siswa dari empat kelas bahasa : Inggris, Perancis, Mandarin dan Arab serta instruktur bahasa Mandarin non organik dan Native Speaker Bahasa Inggris (Ms. Maura Phelan). Dari rencana program yang diajukan sejumlah 30 siswa per kelas bahasa, ternyata sampai hari pembukaan pendidikan berlangsung hanya dihadiri oleh sekitar 42.5 % ( 51 orang siswa) terdiri dari : Bahasa Inggris 13 orang, Bahasa Perancis 12 orang, Bahasa Mandarin 13 Arab dan Bahasa Arab 13 orang.
Hal ini disebabkan oleh terlambatnya TR pendaftaran peserta sehingga banyak yang tidak mengetahuinya. Bayangkan aja, rencana pembukaan pendidikan tanggal 18 Januari 2010, tapi ternyata bagian seleksi pendidikan SDM Polri baru mengeluarkan TR pendaftaran pada tanggal 15 Januari 2010. Akibatnya sudah bisa diduga, akhirnya kuota 30 siswa per kelas bahasa pasti tidak bisa terpenuhi saat pembukaan pendidikan nanti tanggal 18 Januari 2010. Dan ternyata betul, dari kuota 120 siswa yang diharapkan hadir, hanya 51 orang (42.5%) yang datang. Hal ini sebetulnya sangat disayangkan, karena bukan hanya kali ini saja pembukaan pendidikan hanya dihadiri oleh kurang dari 50% peserta. Di awal 2007 lalu juga demikian, sehingga Sebasa terpaksa meminta penundaan pendidikan sampai sekitar 2 minggu berikutnya agar pesertanya bisa memenuhi jumlah kuota yang diprogramkan.
Nampaknya, pendidikan spesialis bahasa asing ini kurang diminati oleh sebagian anggota Polri, karena mungkin bahasa asing dianggap momok yang harus dihindari dan dijauhi. Sungguh sangat ironis sekali bila dibandingkan dengan minat anggota Polri untuk mengikuti pendidikan kejuruan Lalu Lintas/Reserse/Intelijen atau yang lainnya. "Padahal di era globalisasi ini, yang dinamakan buta huruf itu bukannya tidak bisa baca tulis, tapi tidak bisa berbahasa asing dan tidak bisa mengoperasionalkan komputer itulah yang dinamakan buta huruf", demikian kata sambutan dari Ka Sebasa Polri selaku Irup dalam amanatnya.
Sebenarnya mengikuti pendidikan bahasa asing di Sekolah Bahasa Polri ini sangat nyaman sekali. Di Sebasa terdapat fasilitas pendidikan yang terdiri : kelas dilengkapi audio visual (TV, LCD Projector, Komputer, CCTV), ruangan ber-AC, laboratorium bahasa yang canggih dan nyaman, barak yang cukup nyaman serta fasilitas lainnya. Disamping itu, dengan belajar di Sekolah Bahasa Polri, maka akan mendapat tambahan ilmu berharga karena mendapat kesempatan untuk belajar kepada para Native Speaker dari masing-masing bahasa asing. Tetapi nampaknya ini semua kurang bisa menarik minat bagi anggota Polri sendiri untuk mengembangkan kemampuannya berbahasa asing. Padahal untuk bisa mengikuti pendidikan atau penugasan ke luar negeri maka harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang di atas rata-rata. Masih banyak penugasan-penugasan ke luar negeri yang menunggu kehadiran Polri antara lain: misi perdamaian PBB, menjadi SLO/LO Polri, Tugas Belajar di COESPU Italy dan lain-lain termasuk beasiswa belajar ke luar negeri. Sebasa Polripun telah banyak menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di China, Amerika, CCF (Centre Culturel Fran├žais), ICITAP, AFP, UNIC, dll. Semua itu adalah untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar yang ada di Sebasa Polri. Alangkah sayangnya bila peluang besar ini tidak bisa diraih oleh Polri secara maksimal hanya karena SDM yang dimiliki Polri sangat terbatas.

29 komentar:

Anonim mengatakan...

abang...
itu alamat sebasa polri dimna yah? tolong Infonya dunk..
termasuk jalan/rute kalo tiba di soekarno hatta tujuan sebasa polri..
kita dari papua...

hsoegiharto70 mengatakan...

Sebasa Polri di Jl. Cipinang Baru Raya 25 Jakarta Timur, kalo dari bandara Sukarno-Hatta naik bis damri jurusan Rawamangun, dari terminal Rawamangun naik taxi/bajaj ke sebasa, sudah dekat sekitar 1 km.

oaseblog mengatakan...

Sy anggota polri yg minim pengalaman/pengetahuan bhs asing, tp minat sy untuk bisa bljr cukup tinggi, bagaimana caranya agar sy bs sekolah disebasa

irhamdy mengatakan...

ijin komandan..sy udah ajukan permohonan untuk menambah pengetahuan bhs inggris disebasa..moga2 bisa diACC..walaupun sy masih minim dalam bhs inggris tp sy punya minat yg besar komandan..mohon doanya.(irhamdy dipolda sulteng )

uways mengatakan...

kemarin dapat tawaran dikjur bahasa mandarin ke sebasa. saya meng-iyakan, semoga TR nya segera turun..ahahaayyy

Shaliem_adhebhe mengatakan...

Izin Komandan, Sya sudah Mendaftarkan di Polda ...
Kira2 Kapan keluar TR nya tuk Gel.III Ndan...????
Klu Sudah bisa di Email ndan...???
Terima Kasih Ndan....

hsoegiharto70 mengatakan...

Untuk Oaseblog,
Caranya dgn mendaftarkan diri ke SDM Polda masing2 kalo pas ada pendaftaran dikbang spesialis bahasa, nanti kalo udah terdaftar baru akan dipanggil oleh Mabes utk ikut dikjurnya....

Untuk Irhamdy,
InsyaAlloh, semoga niatnya terkabul utk belajar bahasa asing, mumpung gratis dan dijamin dpt makan, dpt snack dsb.....

Untuk Uways,
InsyaAlloh, semoga terkabul do'anya

Untuk shaliem ADB,
Prodik Gel. III biasanya mulai pertengahan bulan Agustus 2011 s/d pertengahan Nov 2011. Untuk TRnya yg keluarkan Lekdik SDM Mabes Polri, jadi sebasa tidak tahu kapan dikeluarkan, tp insyaAlloh nanti kalo ada TRnya akan saya informasikan.

Shaliem_adhebhe mengatakan...

Terima Kasih NDan...
Semoga Allah memberikan kesempatan tuk ikut serta dalam pendidikan sebasa POlri ...
Amin....!!!

Anonim mengatakan...

untuk mengikutinya apa ada kwlifikasi khusus 'Ndan..... mohon ijin

irhamdy mengatakan...

alhamdulillah berkat doa komandan akhirnya sy bisa masuk sebasa english intermediate class dan udh selesai pendidikan bulan september kemarin..ternyata benar kata komandan snacknya banyak 3x sehari..^_^ kira-kira tahun depan ada lagi nga lanjutannya kmndn..masih niat nimbah ilmu..pengen kyk kmndn bisa penugasan luar negri..(irhamdy polda sulteng)

hsoegiharto70 mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya terwujud juga keinginannya. Semoga ilmu yang sudah didapat bisa diamalkan dan menjadi amal jariyah yang akan mengalir terus sampai kiamat nanti.....

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

Asslmualkum,
Ijin Ndan,,
Mohon perkenalkan sy dwi di solo Ndan.
Sy berminat utk menimba ilmu bhs asing di Sebasa polri, kbetulan utk saat ini ada pembukaan brigadir bhs mandarin dan skrang tigal menunggu TR panggian dari mabes.
Yg ingin sy tanyakan adalah,,utk kegiatan belajar mengajar (KBM) itu menggunakan PDH Polri atau baju biasa Ndan..kok yg di foto2 itu kbyakan pada pakai baju biasa.
Mohon ijin Ndan,,trmkasih sblumnya Ndan..
Wasslam...

hsoegiharto70 mengatakan...

Saya sebenarnya sudah pindah dari Sebasa Polri sejak Feb 2011 lalu, tapi masih sering komunikasi dengan Sebasa juga, jadi saya infokan bahwa untuk kegiatan belajar di kelas menggunakan pakaian bebas rapi berdasi, PDH hanya dipake saat upacara buka/tutp dik saja, semoga ilmu yang dipelajari bermanfaat di kemudian hari sbg amal jariyah.....

Anonim mengatakan...

Siapppp Komandan,,
Trmkasih ats informasinya.
Smg Polri semakin maju dan semakin jaya...

Anonim mengatakan...

Sebelumnya sy ucapkan trmkasih atas jawaban Komandan.
Mhon ijin sekali lagi Ndan,,saya dwi dr solo.
ingin bertanya tentang ketentuan bagi siswa sebasa pada waktu buka dik utk mengikuti dik di sebasa,,
Ketika datang pertama kali memasuki kesatrian sebasa apakah harus menggunakan PDH Polri atau diperbolehkan menggunakan pakaian bebas rapi sperti ketentuan pd waktu KBM Ndan..
Trmkasih.
Smg kita slalu dlm ridho dan lindungan Allah SWT,amin..

halek mumin mengatakan...

Sy mau tanya komandan, tk sebasabisa di ikuti siapa saja, khusus anggota atau ygainnya....

hsoegiharto70 mengatakan...

Dikbang spesialis di Sekolah Bahasa Polri (SEBASA POLRI) hanya diperuntukkan bagi anggota Polri dan PNS Polri yang ingin belajar bahasa asing (Inggris, Mandarin, Perancis, Arab, Jepang).

adhim arrasif mengatakan...

Mohon ijin komandan....
Kpan dibukanya dik untuk tahun 2014

adhim arrasif mengatakan...

Ijin komandan...
Ijin tanya untuk dik sebasa th 2014 kapan???

hsoegiharto70 mengatakan...

Hi Adhim,
Untuk Prodik 2014 sudah dimulai sejak pertengahan January 2014 kemarin. Biasanya TR buka dik itu sekitar bln Des dan bisa ditanyakan di SDM Polda masing-masing. Selamat mencoba dan terus semangat untuk belajar.....

Anonim mengatakan...

askum...
ijin ndan perkenalkan sy edho ndan tugas di perbatasan indonesia malaysia pasnya di res nunukan... kami di sini sebenarnya banyak yang berminat ikut dik sebasa biar kemampuan bahasa kami tdk kalah dengan kemampuan bahasa di negara tetangga..tp sayang ndan TR pembetahuan pendaftaran selalu nyangkut di POLda tdk sampe di tempat kami ndan... dan itupun kami tau klu ada senior kami yg dipolda lg update status FB sedang melakasanakan dik di sebasa.. ndan semoga kami yang di wilayah dapat kesempatan yg sama dengan yg di polda...trims ndan ( just ngeluh ndan nasib tugas diwilayah ..)

hsoegiharto70 mengatakan...

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentarnya yang sudah dikirim ke blog saya. Saya sangat berharap semoga Edho tetap semangat menjalankan tugas negera walaupun di wilayah terpencil di perbatasan Indo-Malay. Untuk lebih mudah memperoleh info tentang Sebasa Polri silakan kunjungi FB Sebasa Polri dan silakan tanya sebanyak-banyaknya kepada para gadik di sana. Saya sekarang sudah tidak dinas di Sebasa Polri, tapi masih di lingkungan Jakarta juga. Kalau ada prodik baru 2015 silakan selalu dimonitor lewat SDM Polda/Polres masing-masing dan juga lewat FB Sebasa Polri. Untuk sementara, silakan belajar mandiri untuk menguasai bahasa asing lewat internet saja sambil nunggu prodik baru Sebasa Polri 2015. Semoga sukses selalu dan tetap semangat serta bersabar.

Windy Gustiasari mengatakan...

kalo mau masuk ke sini apa harus anggota polisi ?
kalau dari univ lain , tetapi niat untuk belajar bahasa asing di sini bisa gak ?

hsoegiharto70 mengatakan...

Hi Windy,
Thanks sudah mampir untuk menengok blog saya. Sekolah Bahasa Polri hanya digunakan untuk mendidik anggota Polri dan PNS Polri yang ingin belajar bahasa asing. Jadi tidak bisa menerima siswa umum selain anggota Polri dan PNS Polri, karena ini berkaitan dengan anggaran program pendidikan di lingkungan Polri. Demikian penjelasan saya dan semoga berkenan.

Regards

Hidajat

Anonim mengatakan...

ijin Ndan utk seleksi FPU dan PA apakah masih di sebasa? trims banyak Ndan atas jwbnya

hsoegiharto70 mengatakan...

Utk seleksi FPU dan PA biasanya diselenggarakan di Sebasa Polri utk test Bahasa Inggris dan Psikotest. Tapi bisa juga dilaksanakan di luar Sebasa Polri krn alasan tertentu, misalnya krn faktor tempat yg tdk memadai akhirnya dualihkan ke tempat lain.

Fauzal Zulkifli mengatakan...

selamat malam Komandan, mohon ijin untuk info Prodik Dikbangspes Bahasa di sebasa Polri tahun 2015. kira2 untuk Bintara dilaksanakan pada bln berapa Ndan ? Rencana tahun depan saya pengen ikutan Dikbangspes Bahasa. Terimakasih sebelumnya Ndan..

hsoegiharto70 mengatakan...

Hi Fauzal,
InsyaAlloh utk prodik 2015 KIBI Bintara dimulai sktr bln Mei 2015. Utk info lbh lanjut bisa dicek ke Ro SDM Polda masing2 ya....